Mengenal Open-Face Chinese Poker

Open-Face Chinese Poker (OFCP), biasa dikenal dengan sebutan Open Face Chinese atau OFC, adalah variasi lain dari permainan Chinese Poker atau Capsa Susun yang kita kenal. Walaupun, Chinese Poker itu berasal dari beberapa negara di wilayah Asia, namun khusus untuk poker OFC ini berasal dari negara Finlandia.

Tentang apa itu Chinese Poker atau Capsa Susun, Anda dapat membacanya di situs MenangBanyak.Com.  Artikel ini merupakan ulasan ringkas mengenai OFC yang berasal dari negara Finlandia.

OFC dan Sejarah Permainannya

Pada dasarnya, permainan ini mirip sekali dengan Chinese Poker atau Capsa Susun. Yang membedakan adalah setiap pemain menerima 5 kartu pada permulaan permainan dan menerima satu-per satu kartu lagi setelahnya sampai mencapai jumlah kartu maksimal, yaitu 13 kartu.

Permainan OFC ditemukan di Finlandia sekitar tahun 2000. Dari sana kemudian menyebar ke wilayah Rusia beberapa tahun kemudian. Adalah Alex Kravchenko, seorang pemain poker profesional, yang memperkenalkan permainan OFC ini pada High-Stake Community di Rusia. Di Rusia, permainan ini menyebar seperti virus, dan menjadi permainan paling populer di sana selain poker. Permainan ini kemudian diperkenalkan ke wilayah Amerika pada tahun 2012.

Pada Desember 2014, TonyBet, salah satu penyelenggara permainan kartu, menjadi penyelenggara pertama kali Kejuaraan Dunia dari OFC. Dalam kesempatan itu, Jennifre Shahade memenangkan kriteria untuk High-Roller dan Mikal Blomlie memenangkan pertandingan utamanya.

Aturan Permainan OFC

OFC memiliki aturan main yang sama dengan Chinese Poker atau Capsa Susun. Setiap pemain memiliki 13 kartu yang terbagi dari 3 tangan. Ketiganya adalah The Front, yang terdiri dari 3 kartu yang paling lemah secara ranking poker; The Middle, yang terdiri dari 5 kartu yang paling kuat setelah The Front; dan The Back, yang terdiri dari 5 kartu yang terkuat di antara semua tangan yang ada.

Yang membedakan OFC dengan Chinese Poker adalah setiap pemain harus membuka semua kartunya sejak awal pertandingan. Dan, 5 kartu pertama yang diterima pemain dapat dijadikan sebagai pembuka dari masing-masing tangan atau satu kelompok tangan saja. Kartu selanjutnya yang diterima pemain dapat diatur sedemikian rupa pada tangan yang telah di atur dari 5 kartu pertama. Setelah kartu masuk ke dalam tangan tertentu, kartu tidak boleh diubah lagi. Jika diubah akan dianggap sebagai Foul (atau pelanggaran). Dengan demikian, kita harus dapat menduga dan memperkirakan kemungkinan-kemungkinan kartu yang harus kita terima berikutnya dari penentuan awal 5 kartu yang diterima.

Sangat sederhana, namun rumit dan membutuhkan strategi yang tepat.

Istilah-istilah Baru yang Diperkenalkan di OFC

Istilah pertama yang diperkenalkan di OFC adalah Fantasyland. Fantasyland adalah bonus spesial yang diberikan kepada pemain yang memiliki sepasang Queen (pair of QQ) atau lebih tinggi di atasnya pada tangan The Front dan tidak Foul. Ketika seorang pemain mendapatkan Fantasyland, maka pemain ini berhak untuk mengatur kartunya secara tertutup dan harus menunjukkan kartunya sekaligus kepada pemain lain. Jika kemudian terdapat pemain lain yang menerima Fantasyland, maka pemain yang baru menerima ini harus menyebutkan kepada pemain lain bahwa dia akan memainkan kartu di Fantasyland atau secara tertutup.

Namun, perlu diingat, jika kita ingin memainkan Fantasyland berikutnya, maka ketentuan kartu yang kita miliki haruslah sebagai berikut:

  • The Front: 3 kartu adalah tiga angka sama (three-of-a kind)
  • The Middle: 5 kartu adalah kartu Full House atau lebih tinggi
  • The Back: 5 kartu adalah 4 angka sama (four-of-a kind) atau lebih tinggi.

Dengan demikian, persaingan di Fantasyland akan semakin sulit mengingat lawan main yang ada di Fantasyland memiliki kemungkinan kartu yang hampir sama bagusnya.

Istilah lain yang diperkenalkan dalam OFC adalah Shooting the Moon. Istilah ini merujuk kepada pemain yang memiliki kartu Jack yang dengan ranking tertinggi di tangan The Back dan tidak Foul. Contoh, jika kita memiliki 4 angka Jack atau four-of-a kind yang terdiri atas JJJJ, maka kita dapat memperoleh Shooting the Moon. Saat memperoleh Shooting the Moon, pemain tersebut itu menerima 20 unit dari setiap pemain, di mana 1 unit dapat berisi sejumlah uang yang telah disepakati di awal permainan.

Sistem Penilaian atau Skor

Terdapat dua penilaian yang dikenal dalam permainan Chinses Poker atau Capsa Susun, yaitu metode skor 2-4 dan metode skor 1-6. Khusus untuk OFC, metode yang dipergunakan adalah metode skor 1-6. Ilustrasinya adalah sebagai berikut:

Player A Player B Winner
Front 6♠ 6♣ 4♥ A♥ K♦ Q♦ Player A
Middle 10♦ 10♠ 9♣ Q♠ 8♣ 9♥ 9♦ 5♥ 5♦ 4♣ Player B
Back 3♥ 3♦ 3♠ 2♥ 2♦ K♠ J♠ 9♠ 8♠ 7♠ Player A

Dengan metode skor 1-6, player A akan memperoleh 1 unit dari player B karena memenangkan 2 tangan namun kalah 1 tangan dari pemain B.

 Royalties atau Bonus

Dalam sistem pemberian royalti atau bonus, OFC memiliki kriteria unit yang lebih rendah dibandingkan dengan Chines Poker. Namun, untuk kriteria bonus dari susunan 13 kartu (semua kombinasi kartu yang ada di tangan) tetap sama.

Berikut kriteria pemberian royalties dari OFC:

Variasi Lainnya dari OFC

Saat ini, komunitas poker dunia mengenal dua variasi lainnya dari OFC dan dipertandingkan dalam pertandingan poker kelas dunia. Walaupun tidak termasuk dalam pertandingan utama di WSOP, penggemar poker tetap menyukai permainan OFC dan variasinya.

Berikut variasi lainnya dari OFC yang dikenal luas:

  1. Pineapple Open Face Chinese Poke (POFC)
  2. Double Deck Open Face Chinese Poker.

Sebagai penutup ulasan kali ini, ingatlah bahwa berlatih dapat membuat permainan kita lebih sempurna dan peluang menang kita semakin besar.

Tinggalkan Balasan

ArtikelTerkait

Close Menu